Koin aneh aksara arab gambar Ababil, bulan sabit dan tiga bintang

Koin Ababil - Saya tidak mengetahui dari mana koin ini berasal, tidak menutup kemungkinan bahwa koin bertuliskankan huruf arab ini memang berasal dari Saudi Arabia.

OKE, deskripsi untuk tampilan koin yang ada pada saya sekarang ini, kurang lebihnya:
  • Memiliki ketebalan sekitar 0,4 cm, dengan diameter tengah kurang lebih 3,7 cm dan sepertinya terbuat dari bahan kuningan. 
  • Sisi 1: bertuliskan aksara huruf arab “ababil” dibawah tulisan tersebut terukir gambar “Burung Ababil” yang sedang terbang. Sepertinya diukir sedang terbang diatas Ka’bah. 
  • Sisi 2: berukir gambar bulan sabit dengan tiga bintang.
Koin dengan tulisan arab "Ababil" dimana dibawahnya terukir "Burung Ababil" terbang dengan sayap terentang dan dibawahnya adalah Ka'bah.

Tampilan akan koin tersebut, bisa pembaca terhormat lihat pada image yang menyertai postingan ini.

Koin ini didapatkan oleh keponakan saya, pada saat sedang mandi di kolong (air yang tergenang karena bekas penggalian material tambang seperti timah dan kaolin) di Pulau Belitong, sekitar awal tahun 2011 lalu. Cukup lama kami membicarakan koin aneh ini, namun tiada titik temu.

Sisi sebaliknya, ditengah-tengah koin terukir gambar bulan sabit dengan tiga bintang.

Saya coba mencari jawabannya dari internet. Saya menemukan satu hasil dari thread kaskus. Ternyata ada seorang kaskuser yang men-thread koin tersebut.

Sayangnya tidak ada kejelasan koin aneh tersebut berasal dari Negara mana. Ditambah lagi bentuk koin tersebut full bertuliskan huruf arab dan tanpa angka tahun apalagi akasara latin. Saya terus mencoba mencarinya dari sumber lain. Namun hasilnya nihil. Jadi saya sangat kesulitan akan informasi tentang koin ini.

Mungkin ada pembaca terhormat yang mengetahui sejarah, deskripsi, dan dari Negara mana koin aneh ini berasal, sudi kiranya berbagi dengan saya pada kotak komentar dibawah.

17 Responses to "Koin aneh aksara arab gambar Ababil, bulan sabit dan tiga bintang"

  1. Assalamualaikum WrWb.
    Wahai saudaraku pemegang koin Ababil.
    Koin Ababil adalah pasangan koin saya.
    Kalau saudaraku punya nomor HP akan saya hubungi untuk pembicaraan selanjutnya.

    Terima kasih.
    Wassalam,
    Ki Sulung

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah anda masih membutuhkan coin ababil ? ni tmn sy punya coin ababli dn ingin menjualx , jk anda berminat hub nmr hp 087873773581 utk pembicaraan lbh lnjt

      Delete
    2. ass. @Ki Sulung, saya punya koin ababil. bisa email saya di kijanggot@muslim.com .
      wassalam.

      Delete
  2. @Ki Sulung: silahkan layangkan ke email moneykoin[at]gmail.com

    ReplyDelete
  3. @anonym 1: yg pasti bukan joko sableng, khan? hehhe

    ReplyDelete
  4. bos salam kenal. Saya juga hobi koleksi uang kuno. Koin seperti itu kalau ngak salah pernah didapat ortu saya waktu masih kerja di tambang timah di bangka, kebetulan saya dari sana. Sayang banyak koin ortu saya dikasih ke orang dulu. Coba kalau ngak , bisa buat tambah koleksi saya.

    ReplyDelete
  5. bos salam kenal. Saya juga hobi koleksi uang kuno. Koin seperti itu kalau ngak salah pernah didapat ortu saya waktu masih kerja di tambang timah di bangka, kebetulan saya dari sana. Sayang banyak koin ortu saya dikasih ke orang dulu. Coba kalau ngak , bisa buat tambah koleksi saya.

    ReplyDelete
  6. coba dibuatkan situs/ atau blog..jd bisa qta share...

    ReplyDelete
  7. kepengen sih buat blog , cuma malas scan gambarnya. Sekarang saya lagi menunggu uang kuno yang ditemukan waktu penambangan timah. Saya titip ke ortu , kalau sudah ada saya akan kirim gambarnya ke situ.

    ReplyDelete
  8. OK deh, saya tunggu.... kirim aja ke email: moneykoin[at]gmail.com

    ReplyDelete
  9. saya juga punya koin yang mirip seperti gambar di atas...dan saya butuh informasi lebih lanjut tentang asal usul koin tersebut...
    no hp saya 085246533489

    ReplyDelete
  10. Saya juga punya Boss coin yang sama persis ,minta informasi lebih lanjut ,bagi temen-temen yang mengetahuinya bisa menghubungi di 08156021957 terima kasih.

    ReplyDelete
  11. saya jg mempunyai uang logam tersebut..... tolong infonya tentang uang logam ini... saya berada di jambi... tolong kirim ke email saya kl ada info nya....linoheriyanto50@gmail.com

    ReplyDelete
  12. @lino heriyanto ...

    ya nanti kalo saya dapat informasi detil tentang uang itu, pasti saya akan update pada postingan tersendri di blog ini... sama-sama kita mencari tahu!

    ReplyDelete
  13. saya juga punya yang seperti ini dan ada satu lagi, saya cari diinternet g ada yang sama klu ada yang punya penjelasan tolong kirim ke mzmlord@gmail.com

    ReplyDelete