Koin Kuno Brasher 1787 seharga Rp 67, 2 Miliar

Koin Kuno Brasher 1787 - Belum genap 30 hari atau tepatnya tanggal 12 Desember tahun lalu, sebuah berita yang dimuat oleh Associated Press tentang sebuah koin emas yang dibuat tahun 1797, dicetak oleh Ephraim Brasher, seorang pembuat emas dan tetangga George Washington, koin ini memiliki nilai emas 26,66 karat dan beratnya kurang dari satu ons.

Bernilai 15 dollar AS saat ditempa, kini nilai emas itu lebih dari 1.500 dollar AS, berhasil dijual dengan harga sekitar Rp. 67,2 Milyar ($ 7,4 juta).

Koin emas Brasher ini berhasil dijual oleh sebuah perusahaan broker koin berbasis di New Orleans, Blanchard and Co., ke sebuah lembaga investasi di Wall Streets.

Identitas penjual dan pembeli dirahasiakan. Mungkin karena alasan keamanan. Kita maklum saja, untuk yang bernilai seperti koin diatas tentu bukan tidak mungkin akan mengundang pencuri.

Konon, koin kuno yang dicetak oleh Ephraim Brasher ini merupakan koin emas pertama yang dibuat dalam bentuk dollar dari U.S. Mint di Philadelphia, lebih kecil dari setengah dollar namun lebih berat, merupakan koin yang tidak dicetak besar-besaran hingga tahun 1970-an.

Info: AP, wwltv

0 Response to "Koin Kuno Brasher 1787 seharga Rp 67, 2 Miliar"

Post a Comment