Uang Kuno Seri Sukarno 1964

Uang Kertas Kuno Seri Sukarno ini merupkan koleksi Paman Saya, dimana beliau memiliki 2 lembar uang kuno Seri Sukarno 1964. Uang kuno seri Sukarno tersebut adalah:
  • Satu lembar nominal 1 Rupiah 1964 
  • Satu lembar nominal 2 ½ Rupiah 1964
Seperti yang diketahui, uang kuno seri Sukarno memiliki 3 variasi dalam percetakan, dimana:
  • Variasi pertama yaitu kosong tanpa Pencetak (tidak tertera perusahaan pencetak) 
  • Variasi kedua adalah Pertjetakan Kebajoran, dan 
  • Variasi ketiga adalah P.N. Pertjetakan Kebajoran.
Sedangkan koleksi milik paman tersebut adalah variasi pertama yaitu kosong tanpa perusahaan pencetak. Dalam blog http://www.uang-kuno.com/2011/09/1964-seri-sukarno.html milik dr. Arifin (Jakarta), beliau menyebut bahwa Prefiks tertinggi yang dicatat beliau adalah EF dan beliau meminta koreksi jika ada yang memiliki lebih dari EF. Dengan ini saya ingin mengoreksi bahwa koleksi paman tersebut memiliki prefiks yang lebih tinggi yaitu prefiks EU, atau lebih lengkapnya untuk uang kuno Seri Sukarno milik paman tersebut memiliki nomor seri EU 043104 (2 Huruf 6 Angka).



Uang kertas kuno Seri Sukarno 1 Rupiah 1964 (kondisi seperti yang pembaca terhormat lihat pada scan uang), dimana, tampak depan adalah gambar Sukarno sendiri, sedangkan bagian belakangnya adalah Srikandi atau Dewi Srikandi. Depan dan belakang uang kertas ini berwarna merah!



Sedangkan untuk uang kertas Seri Sukarno yang selembarnya lagi adalah pecahan 2 ½ (dua setengah) rupiah berwarna biru, juga tanpa pencetak/ tidak tertera perusahaan pencetaknya, dimana, sama dengan yang 1 rupiah diatas, depannya bergambar Sukarno sendiri dan pada sisi sebelahnya adalah Dewi Srikandi (kondisi lihat gambar diatas). Prefik untuk uang Sukarno ini adalah XB dan diikuti nomor 672262 (lengkapnya XB 672262).

Update 4 Januari 2019 : Untuk uang kertas Sukarno Rp. 1,- sebagaima gambar diatas telah hilang!

8 Responses to "Uang Kuno Seri Sukarno 1964"