Keuntungan dan Kekurangan membeli koin melalui lelang

Money Koin - Dalam koleksi koin, bagian paling sulit adalah bagaimana menemukan koin untuk koleksi. Metode utama yang banyak dipakai para kolektor dalam memperoleh koin adalah dengan membeli. Alternatif yang paling umum dalam memperoleh koin adalah melalui pembelian dalam penjualan lelang.

Koin langka dan berkualitas tinggi sangat sulit untuk dibeli. Penjualan lelang apakah via online atau rumah lelang memberikan opsi bagi pembeli koin untuk memperoleh jenis koin dengan harga lebih murah. Penjualan lelang online biasanya mengambil 3 hingga 4 bulan untuk memproses tergantung pada seberapa cepat penawar dapat memutuskan tawaran mereka atau ketika proses penawaran ditutup.



Meski demikian, tetap saja ada cukup banyak poin-poin yang mesti dipertimbangkan manakala hendak berburu koin melalui penjualan lelang...

Keuntungan membeli koin melalui lelang
  • Penjualan lelang memberikan negosiasi sederhana, adalah cara paling sederhana untuk membeli koin untuk keperluan koleksi. Hal ini karena harga set yang disediakan untuk koin. Lebih mudah untuk mempertimbangkan pilihan dan memperkirakan harga mata uang. 
  • Penjualan lelang termasuk proses penawaran. Pembeli hanya perlu untuk menawar untuk harga yang mereka bersedia membayar untuk koin tertentu. Ini berarti bahwa koin akan diperoleh dalam anggaran yang diberikan pembeli. Jika pembeli benar-benar menyukai koin tersebut, maka ia dapat mengajukan tawaran harga yang lebih tinggi sehingga ada peluang lebih besar untuk memenangkan tawaran dan memperoleh koin yang dikehendaki. 
  • Ada juga kesempatan untuk mendapatkan item tersebut jika pembeli yang memenangkan tawaran tidak diterima untuk beberapa alasan. Ini juga terjadi ketika harga yang disediakan untuk koin itu tidak terpenuhi. Ketika ini terjadi, item untuk penawaran biasanya berlalu. Ini berarti bahwa item tersebut tidak akan dijual dan penawaran akan dibuka kembali dalam waktu dekat. 
  • Kontrak terlibat dalam proses penawaran. Setelah pembeli memenangkan tawaran untuk koin tertentu, kontrak akan ditukar langsung antara pemenang dan penjual. Ini akan memastikan bahwa negosiasi itu selesai dan harga penawaran item dikonfirmasi. 
  • Orang yang memiliki tawaran tertinggi mungkin diperbolehkan untuk melakukan pembayaran deposit. Ini akan memastikan bahwa barang tersebut akan disediakan untuk orang yang memenangkan tawaran. Deposit mungkin sebagian kecil dari seluruh jumlah koin.
Kekurangan membeli koin melalui lelang
  • Ketika membeli dalam penjualan lelang online, ada kesempatan yang lebih tinggi penipuan. Hal ini karena negosiasi dilakukan secara online. Pembeli tidak melihat orang yang menjual item atau tahu apakah penawar lainnya benar-benar orang yang benar-benar menawarkan untuk item tersebut. 
  • Ada juga saat ketika item yang ditampilkan di situs web sebelum tawaran bukanlah barang yang sama dengan yang yang disampaikan kepada orang yang memenangkan tawaran. Disarankan bahwa pembeli harus memastikan bahwa item yang sama yang ia tawar adalah salah satu yang akan disampaikan kepadanya. 
  • Harga reserved item tersebut juga dapat menyebabkan beberapa kerugian. Ada kalanya harga reserved yang di-set pada item, lebih tinggi dari apa yang diharapkan pembeli. Hal ini akan memaksa pembeli untuk mengajukan tawaran yang lebih tinggi lagi dan melampaui anggaran mereka yang telah dialokasikan untuk item tersebut. 
  • Lelang online tidak dapat menjamin pembeli bahwa apa yang ditawarkan adalah koin asli. Pembeli hanya akan dapat memeriksa koin setelah memenangkan tawaran dan koin tersebut dikirimkan pada pemenang lelang. Hal ini dapat menyebabkan penipuan dan pembeli akhirnya menimbulkan penyesalan karena telah ditipu oleh sebuah layanan lelang online.
Penjualan lelang mungkin populer, tetapi perlu diperhatikan oleh pembeli (peserta lelang) bahwa harus sadar akan pro dan kontra pilihan ini. Pembeli juga harus terbiasa dengan hak-hak mereka sebagai konsumen dan pembeli. Pilihan lain juga dapat dipertimbangkan sebelum memilih opsi lelang penjualan dalam memperoleh koin untuk dikoleksi.

Kolektor dapat mempertimbangkan dengan membeli dari teman atau agen yang mereka tahu tetapi jika mereka tetap ingin membeli dalam penjualan lelang, mereka perlu memastikan bahwa website atau rumah lelang tidak memiliki catatan kegiatan ilegal. Pembeli juga harus meluangkan waktu untuk membaca ulasan tentang penjual untuk memastikan bahwa mereka berhadapan dengan orang-orang yang kredibel.

Uraian diatas tidak hanya berlaku untuk koin-koin langka semata, namun juga berlaku kalau ingin membeli uang kertas kuno melalui lelang. (Disarikan dari berbagai sumber).

6 Responses to "Keuntungan dan Kekurangan membeli koin melalui lelang"

  1. Yang butuh uang koin 20 cent hong kong minat pm..saya punya 1..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 20 cent hongkong yg emisi taun brapa gan?

      Delete
    2. Saya banya om coin hongkong.dan coin indo yg sudah old...minat 082141406700

      Delete
  2. koin Rp.100..tahun 1971...rumah minang dan pohon kelapa ada 2...ada 4 koin..lokasi jakarta...for more information phone/wa 081296695101

    ReplyDelete
  3. Sya punya uang koin 500 tahun 1992,2002
    Koin 1000 gambar kelapa sawit
    Minat wa 081248436560

    ReplyDelete