Misprint uang koin (1 Ringgit Malaysia tahun….?)

Misprint koin. Malaysia 1 Ringgit? - Informasi dasar yang saya dapatkan saat melihat koin ini adalah pada salah satu sisinya tertera gambar Keris bersilang dengan Sarungnya. Sisi sebelahnya polos. Tidak ada ukiran gambar atau apapun pada seperti uang koin kebanyakan. Selebihnya saya tidak mengetahui koin jenis apa ini, lebih jauh lagi saya tidak tahu dari Negara mana dan berapa denominasinya apalagi tahun edarnya. Indonesia tidak memiliki koin seperti itu.
Perhatikan koin yang sekarang ini kita bahas. Sebelah kiri yang merupakan sisi kebalikan dari sisi yang bergambar Keris bersilang dengan Sarung, tampal rata, polos (Misprint).


Namun kata terimakasih patut saya ucapkan pada Google yang dengan sukarela melayani keegoisan saya untuk menemukan koin apa ini sebenarnya!

Dengan beberapa keyword tertentu, (mudah-mudahan inilah koin yang dimaksud) ternyata koin ini adalah berasal dari Negara Malaysia!

Berapa denominasi-nya dan tahun berapa?
Mungkin sisi Misprint tersebut seharusnya tertera seperi gambar dibawah ini (1 Ringgit 1993).

Atau mungkin juga seperti ini (1 Ringgit 1995).

Segalanya serba mungkin. Bukan tidak mungkin, pada bagian misprint koin pertama diatas, tertera desain seperti gambar dibawah ini (1 Ringgit 1992).

Pencarian padanan di internet merujuk saya pada beberapa situs dan sepertinya koin ini adalah Koin 1 Ringgit Malayasia. Sedangkan untuk tahunnya, kemungkinan adalah koin selang tahun 1992 - 1993 hingga 1998 (masuk dalam kelompok Koin Malaysia Seri ke-2), mengingat tampilan muka untuk koin tahun-tahun diatas adalah sama yaitu keris bersilang sarungnya.

Memang sukar sekali untuk mengetahui angka tahun pasti, apa lagi bagian yang polos (misprint) justru terletak pada bagian itu. Sedangkan sisi sebelahnya tidak menjelaskan apa-apa, hanya gambar keris bersilang dengan sarungnya belaka!

Pertanyaannya benarkah koin yang divonis 1 Ringgit Malaysia yang sekarang ini ada pada saya adalah “misprint” atau sengaja saya yang membuatnya jadi “misprint” atau orang lain yang sengaja membuatnya jadi “misprint”?

Kisah koin ini sampai ketangan saya awalnya didapat dari Ibu mertua saat menyapu halaman rumahnya. Tanpa sengaja, ditanah, beliau melihat ada tampilan seperti uang koin 500 rupiah (karena ukurannya hampir sama dengan uang koin 500 rupiah). Namun saat dipungut, nyatanya koin itu bukanlah uang koin 500 rupiah. Akan tetapi berupa logam bulat berwarna kuningan bergambar Keris bersilang dengan Sarungnya sedangkan pada sebeleh sisinya adalah polos licin. Setelah sekian lama disimpan beliau, akhirnya koin ini diberikan pada saya karena beliau melihat saya memiliki minat untuk mengumpulkan uang koin maupun uang kertas yang aneh-aneh ataupun yang kuno.

Pribadi saya tidak memiliki kemampuan untuk membuat uang koin jadi “misprint” (membuat polos pada salah satu sisi koin). Lantas apakah ini pekerjaan dari orang lain atau justru asli dari Bank Negara Malaysia sendiri?

Ini misteri yang tidak bisa saya ungkap! Sama misteriusnya dengan mengapa bisa koin “misprint” 1 Ringgit ini bisa sampai ke halaman rumah ibu mertua saya.

76 Responses to "Misprint uang koin (1 Ringgit Malaysia tahun….?)"

  1. ya ini memang koin RM1 dari negara Malaysia...tapi sudah tidak laku sejak akhir tahun 1995...yang aneh tahun 1996 masih ada keluarannya...koin jenis ini sekarang menjadi buruan para kolektor di Malaysia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga ada 1 coin.. Gambar sama persis

      Delete
    2. ohh tahun 1995 ya gan? makasih infonya gan.. itu sih tak lebih hanya kebijakan negara itu gan

      Delete
    3. Saya juga punya koin kek di atas th 1990 ada 4 koin....masih bnyak lagi koin2 lama yg aku koleksi😆

      Delete
    4. Kalau sya ada tapi thn 1991 laku gak ya

      Delete
    5. Unknown Thursday, February 16, 2017 9:38:00 AM

      Saya juga punya koin kek di atas th 1990 ada 4 koin....masih bnyak lagi koin2 lama yg aku koleksi😆

      ===================================

      koin2 lama yang jenis apa gan?

      Delete
    6. Saya punya yang tahun 1996.
      gambar sama sperti yang di atas

      Delete
    7. Sya punya 1 yang tahun 1996,
      Ada yang minat gak

      Delete
    8. saya juga ada koin malaysia dari tahun 1976, 1998, 1991 dan 1996

      Delete
    9. saya punya sama persis, tahun 1993. kalau ada yang minat silahkan hubungi WA 085363033721

      Delete
  2. saya punya satu dengan gambar sama persis. dengan yang ada di gambar, gambar, keris bersilang Th: 1991
    klu berminat Hub: (08571167064 )
    Email:syukronrifqi@yahoo.com

    ReplyDelete
  3. saya punya 1 juga dengan gambar persis,dengan yang ada di gambar di atas,gambar keris bersilang tahun:1994
    kalo berminat hubungi saya:(085348247278)
    email:ajadsusanto@gmail.com

    ReplyDelete
  4. saya punya 1 juga dengan gambar persis,dengan yang ada di gambar di atas,gambar keris bersilang tahun:1993 kalo berminat hubungi saya: 085658162162

    ReplyDelete
  5. Saya jg ada..
    sama persis dg yg ad di gambar tahun 1991, saya lelang pokoknya terjual dr pada nganggur g karuan. Hub 081332066991

    ReplyDelete
  6. saya punya uang logam Rm 25 thn 1976...kalau berminat hub.+6013 764 9067

    ReplyDelete
  7. aku jg ada 25 ringgit th 1976... berminat sila hubungi +60137649067

    ReplyDelete
  8. saya punya uang logam Rm 25 thn 1976...kalau berminat hub.+6013 764 9067

    ReplyDelete
  9. Sy jg punya uang logam 1 Ringgit Malaysia tahun 1995, yg berminat hub : 081241720721

    ReplyDelete
  10. Saya jga punya 1 buah persis sma kayak gambar diatas tahun keluaran 1991 !
    Minat? Call (081998591355)

    ReplyDelete
  11. saya juga punya 1rm koin yang macam di atas, tahun keluaran 1996. yng berminat hubungi 0163164522.

    ReplyDelete
  12. Aq juga punya 2 keping tahun 1991 dan tahun 1992

    ReplyDelete
  13. Bagi yg minat uang ringgi malaysia thn 1996 hubungi 082322404987

    ReplyDelete
  14. Saya juga punya tahun 1990 yg minat hubungi.081220080495

    ReplyDelete
  15. Saya punya stu 1991..hubungi...089663299177

    ReplyDelete
  16. ogut juga punya th 1990 dapat dari spbu he he please contact 082126828812

    ReplyDelete
  17. saya ada 3 koin 1ringgit thn 1991 dan 1993 yana minat call 0106602286

    ReplyDelete
  18. saya ada 3 thn 1991 dan 1993 yang minat call 0106602286

    ReplyDelete
  19. sya ada 1 koin misprint thn 1992 yg minat hubungi 085398950393 email gilangp807@gmail.com

    ReplyDelete
  20. saya punya 1 koin misprint th 1992 dan ini sungguhan minat hub paijoputratunggal@gmail.com

    ReplyDelete
  21. Saya jg ada 1 koin tahun 1991yg minat hbgi email dprima119@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Saya jg ada 1 koin tahun 1991yg minat hbgi email dprima119@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ada 2 th 1989 dan 1991 yang berminat hubg 085274244111

      Delete
  23. Saya ada 2 bh th 1989 dan 1991 yang berminat hubg 085284244111

    ReplyDelete
  24. saya punya satu tahun 1992 1 ringgit,,dan ada juga australia 1 dollargambar kanguru di baliknya ratu elisabet 2 thun 1984,,ada juga yang tahun 1980 minat hubungi 081375912092

    ReplyDelete
  25. saya ada wang kertas lama rm1 malaysia..whatsapp 0139939157

    ReplyDelete
  26. saya punya $1 mlaysia thun 1991 cuman satu koin..yg minat sms 082126060266..thanks

    ReplyDelete
  27. saya ad uang koin $1 malaysia thn 1992...yg mnt sms 089630247784..terima kasi

    ReplyDelete
  28. saya punya $1 malaysia thn 1992 cuma satu koin..yg minat sms 089630247784 terimakasi

    ReplyDelete
  29. syaa punya $1 thn 1992 cuma satu koin yg minat smz..089630247784

    ReplyDelete
  30. Saya punya ringgit rahun 1978,1982,1988,1994,1995,1996,1997,1998 minat hubungi saya 085206135073

    ReplyDelete
  31. Sy punya $1 thn 91 yg minat sms 083819212361

    ReplyDelete
  32. Sya ada 4 uang 1ringgit th 1991,1992 dan 1995 minat hubungi 01124187047 posisi seri kembangan selangor

    ReplyDelete
  33. saya punya 1 tahun 1991 mulus
    hub. 0821 8874 2508 andira makassar

    ReplyDelete
  34. saya punya 1 koin serti gambarnya tahun 1991 yg cari hub. 0821 8874 2508 barang mulus

    ReplyDelete
  35. Saya punya 1 koin seperti gambar diatas tahun 1992 1 ringgit malaysia yg minat hub:081250609695

    ReplyDelete
  36. Saya punya 3 . $1 malaysia 1991 pnya 1. Yg 2 1 rnggit 1993 dan 1 rnggit 1994. Yg minat sms 08995542894

    ReplyDelete
  37. Saya ad jg $1 malaysia 1991 1 keping. Serius hub 082318180555

    ReplyDelete
  38. saya ada 1c tahun 1945 silahkan hub,,,andinick2@gmail.com

    ReplyDelete
  39. Saya ada RM1 Tahun 1993,jka minat slahkan hub.085215621177

    ReplyDelete
  40. Saya ada 1$ 1990 Malaysia
    jika berminat hub 0857 6109 0475
    0852 6136 2745

    ReplyDelete
  41. Aku juga punya uang koin Malaysia 1 ringgit tahun 1991 sama tahun 1992 yg berminat hbg 0821 8879 0277 dan Emil.assescoter@gmail.com sapa tau ada harga

    ReplyDelete
  42. Saya punya 1 ringgit tahun 1993 minta hungungi 083872452205

    ReplyDelete
  43. Saya punya tahun 1$ malaysia tahun 1990 ada yg berani beli...satu satu nya yg tahun 1990 wa 085277745870

    ReplyDelete
  44. Saya juga punya tahun 1992 seperti gambar diatas.keris silang.yg berminat silahkan hubungi saya 081255479661 /iqbalsyaffii@gmail.com

    ReplyDelete
  45. Saya punya juga tahun 1992 seperti gambar diatas.keris silang.yg berminat.silahkan hubungi saya Di 081255479661

    ReplyDelete
  46. Saya juga ada koin Malaysia gambar keris berselang thn 1991/1992 dua keping yg berminat silahkan hub. Sy di 081221491665

    ReplyDelete
  47. Sy punya koin kuno Malaysia $1thn1991&$1thn 1992 gambar keris berselang kl ada yg minat silahkan hub. 081221491665

    ReplyDelete
  48. Dan sy punya uang koin kuno dari berbagai negara bila ada minat silahkan hungkul sy lewat Wa

    ReplyDelete
  49. Saya juga ada 1$ koin Malaysia tahun 1989.hub 089514396125

    ReplyDelete
  50. Saya punya koin Malaysia tahun 1989 1coin saja dan koin Inggris thn 1991-1998

    ReplyDelete
  51. Aku punya gan uang coint ada counter ratu Elizabeth Malaysia Hongkong dll kira kira ane jual lagu mahal nggak ya

    ReplyDelete
  52. Saya punya gambar keris tulisan arap kira" Peninggalan jaman apa yah tahun brapa

    ReplyDelete
  53. Saya ada punya 1$ koin Malaysia tahun 1993.hub 085363033721

    ReplyDelete
  54. saya juga punya koin malesia 1$ tahun 1991 sama tahun 1992 yg minat w.a 085342093369

    ReplyDelete
  55. saya jg punya koin 1$ malesia thn 1991 & 1992

    ReplyDelete
  56. Saya punya banyak coin kuno.. Yg minat hub:081364769221

    ReplyDelete
    Replies
    1. koin kuno apa saja? dari dalam dan luar negeri ?

      Delete
  57. Saya punya banyak koin kuno..yg minat hub:081364769221

    ReplyDelete
  58. Saya ada uang koin percis sama yang di atas berapa hargany gan

    ReplyDelete