Mengoleksi Koin adalah The Hobby of Kings

Koleksi Uang Kuno - Mengoleksi atau mengumpulkan koin itu berbeda dari menimbun uang (money hoarding). Setidaknya ini yang saya ketahui dari berbagai sumber diluar sana. Mengoleksi koin bahkan disebut juga sebagai The Hobby of Kings atau dalam bahasa Indonesia kasarnya adalah Hobi para Raja. Mengumpulkan koin sebagai bentuk seni dapat ditelusuri kembali sekitar abad ke-13 masehi.

Pada abad tersebut, Petrarch, dimana dia ini diketahui sebagai manusia pertama yang mengumpulkan koin atau orang yang hobi menggumpulkan koin, singkatnya si Petrarch ini adalah dikenal sebagai Kolektor Koin yang pertama.

Petrarch hidup sekitar tahun 1300 di Italia dan dia memiliki ketertarikan luar biasa dengan budaya klasik dan sastra, koleksi mungkin termasuk koin kuno. Sejak itu, sejumlah pendekatan yang berbeda untuk mengumpulkan koin telah dikembangkan di seluruh dunia.

Dewasa ini, sangat banyak sekali orang di seluruh dunia mengumpulkan koin, termasuklah saya, meskipun dalam kadar ‘anak kemaren sore’. Banyak kesenangan yang didapat dengan mengoleksi koin kuno, salah satunya adalah alasan historis. Penanda koin tersebut pernah eksis jauh saat kita belum lahir sekalipun! Meski demikian, masing-masing kolektor koin, sudah barang pasti memiliki sudut pandang berbeda.

Mengoleksi koin terbilang hobi yang tidak memerlukan keterampilan tertentu dan dapat dilakukan oleh hampir semua orang.

Ada berbagai jenis kolektor koin. Ada orang yang melakukannya untuk bersenang-senang, sementara yang lainnya untuk alasan serius. Bagi sang kolektor, mengoleksi koin sebanyak-banyaknya adalah suatu kesenangan yang tiada tara.

Demikian juga dengan jenis-jenis koin. Indonesia saja memiliki jenis koin yang sangat banyak. Jika kita lebarkan keseluruh dunia maka jumlahnya sangat sukar untuk dihitung, mempediksikannya pun mungkin tidak ada yang berani.

Layaknya hobi-hobi yang lain – bak sisi koin yang pertama - keuntungan nyata dari mengumpulkan koin adalah daya tarik, minat dan penyerapan aktivitas mental yang dapat menawarkan kolektor koin. Jika koleksi kita sangat baik, bukan hal yang mustahil ada keuntungan menggiurkan pada pada sisi sebaliknya dan diluar sana tanpa kita ketahui, telah banyak orang yang mendapatkan keuntungan dari mengoleksi koin!

Bukankah demikian, pembaca yang terhormat?

Oleh : Dasril
Tanjungpandan, 06 Januari 2012.

Input this link to get the feeds: http://feeds.feedburner.com/moneykoin

0 Response to "Mengoleksi Koin adalah The Hobby of Kings"

Post a Comment