Koin Kuno 1 Sen Nederlandsch Indie 1945 berlubang seri Huruf P, S dan D

Koin Gulden 1 Cent Nederlandsch Indie 1945 Berlubang - Sekitar bulan Desember 2011 kemarin saya mengirim SMS kepada seorang teman lama perihal uang kuno atau koin kuno baik dari Indonesia ataupun luar negeri. Tidak disangka, teman tersebut memiliki cukup banyak koin kuno. Sayangnya, sekitar 100 keping dari berbagai jenis uang koin kuno telah di serahkan pada temannya.


Meski demikian, rupanya dia masih memiliki koin kuno yang dikiranya telah habis tersimpan dirumahnya. Hasilnya setelah melakukan pembicaraan, teman saya tersebut memberikan sejumlah koin kuno yang sebelumnya tidak sempat di berikan kepada temannya yang lain.

Saat berkunjung kerumah teman saya tersebut beberapa hari lalu, saya mendapatkan koin kuno Nederlandsch Indie yang kesemuanya bertahun 1945 sebanyak 18 keping. seri Huruf P, S dan D. Koin kuno Nederlandsch Indie ini memiliki karakteristik yaitu berlubang ditengah-tengahnya.

Sekilas saya berpikir 18 keping Koin Kuno Nederlandsch Indie 1945 itu sama persis, namun saat saya cermati lebih detail, ternyata ada dua keping Koin Kuno Nederlandsch Indie 1945 yang berbeda. Perbedaan yang sekaligus menjadi penanda akan koin-koin kuno tersebut. Dari total 18 keping Koin Kuno Nederlandsch Indie 1945, 16 keping terukir huruf “P”, 1 keping terukir huruf “S” dan sekepingnya lagi terukir huruf “D”. Dengan kata lain, saat ini saya memiliki Koin Kuno Nederlandsch Indie 1945 dengan seri “P”, “S” dan “D”.

Huruf timbul dari P, S dan D tersebut tidak begitu jelas terlihat, oleh karena itulah saya pikir semuanya sama saja. Tanda timbul dari huruf P, S dan D terlihat jika anda mengamati dengan seksama ukiran tahun 1945, maka setelah angka 5 dari tulisan 1945 nampak ukiran cukup kecil dari huruf P, S dan D pada masing-masing koin kuno yang saya miliki.

Tanda ukir huruf timbul P, S dan D pada koin kuno tersebut menimbulkan pertanyaan pada saya. Apa arti atau makna dari huruf P, S dan D yang timbul terukir pada sebelah ukiran timbul angka 1945?

Gambar dibawah adalah scan dari koin kuno 1 Cent Nederlandsch Indie 1945, dimana yang sebelah kiri ada huruf timbul “S” dan yang kanan tertera huruf timbul “D” masing-masing terletak pada sebelah angka 5 pada tulisan 1945.


Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah yang menegaskan keberadaan huruf "S" dan "D" pada koin kuno ini.



Sedangkan gambar dibawah ini adalah koin kuno 1 Cent Nederlandsch Indie 1945, dimana tertera huruf timbul “P” disebelah angka 5 pada angka timbul 1945.


Kembali pada pertanyaan diatas, mengapa ada ukiran huruf “P”, “S” dan “D” pada beberapa koin tahun emisi yang sama (1945) pecahan 1 Cent diatas? Sejujurnya saya tidak/ belum mendapatkan jawaban akan hal ini. namun, jika ada diantara pembaca terhormat yang mengathui lebih detail tentang koin yang dikenal juga dengan sebutan koin gulden ini, sudilah kiranya untuk berbagi lewat kotak komentar dibawah. Thanks!

Oleh: Dasril

100 Responses to "Koin Kuno 1 Sen Nederlandsch Indie 1945 berlubang seri Huruf P, S dan D"

  1. mungkin masih banyak lagi seri2 lain diluar sana.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya sya da tulisan S na om d kiri na da tulisan T na

      Delete
  2. lw aq punya cuma satu tp gk tw seri S,D,tw ,P,
    kurang perhatikan om

    ReplyDelete
  3. aq punya cuma satu om tp kuang tw lw ada seri P,D,S
    hebatt om sangat ditell lw melihatt barang,,.,
    ketahuan PELIT MA DUIT,.,.,
    SAMA KAYA TEMEN AQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bamping reybelion si Bryan gokil ... gue juga dapat dr orang Om, beli. jangan ada istilah "Kucing dalam Karung" kalo mau beli barang tuh.... hehhehe... lu coba liat, duit lo tu seri apa?

      lagian hanya merinci dari sebuah objek semata gan hehehee....

      Delete
  4. om gua p'y seri P da yg au artinya gx ?

    ReplyDelete
  5. Harga satu keping nih koin berapa sih gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2o.ooo ribu perkeping gan

      klu mw imbox ke fb gue ea

      Tiarisman@yahoo.co.id

      Delete
    2. temen gw beli 5k perkeping..ge dikasih satu 😄

      Delete
  6. @auliya_sidikBiasanya sih tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli gan....

    ReplyDelete
  7. @Anonymous - saya juga lagi nyari2 apa artinya gan...

    ReplyDelete
  8. seri D adalah Denver.
    seri P adalah philadelphia.
    seri S adalah san francisco.
    semuanya dibuat diamerika.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh, begitu rupanya? sekali lagi makasih banyak ats share info nya

      Delete
    2. kang saya punya 2 seri yang satu thn 45 "D" yang satu lagi tahun 36, tapi gak ada lambang "P,S,D" yang ada malah kaya keris gitu, tau gak artinya apa?

      Delete
  9. saya punya koin belanda.1 sen dan 2.5 sen buatan thn 1945.
    1/10 G buatan tahun 1912.
    berminat sms kenomor 085241562938

    ReplyDelete
  10. gua punya koin netherland indie juga, tapi tahunnya 1938. berminat sms ke nomer 083875530299

    ReplyDelete
  11. saya punya koin NEDERLANDSCH INDIE 2 1/2 CENT thn 1945
    minat hub : 089670731650

    ReplyDelete
  12. saya punya Koin Kuno 1 cent Nederlandsch Indie 1937
    dan 5 cent Nederlandsch Indie 1913
    minat : riky_wahyudi1402@rocketmail.com

    ReplyDelete
  13. saya punya koin NEDERLANDSCH INDIE 2 1/2 CENT thn 1945 minat hub : 085658162162/088807156698

    ReplyDelete
  14. Harganya sekitar berapaan ya gan ?

    ReplyDelete
  15. Permisi agan saya pnya ni nederlandsch indie tahun 1937 sangat langka mungkin ªĐª Lªğȋ̊ 1 tp sayang kondisinya jelek nederlandsch indie tahun 1899....klo ªĐª yg minat boleh hub saya...di no hp: 085748883000 pin:2a35b41a trima kasih

    ReplyDelete
  16. Saya punya coin nederlandsch 1C seri A minat ? Hub muhamadpaisal22@gmail.com

    ReplyDelete
  17. aq punya cm 1 koin 1G th 1945.
    klo dijual laku brpa yaa....?

    ReplyDelete
  18. Saya ada 1 1945 ni NEDERLANDS HINDIE
    087743555558

    ReplyDelete
  19. Saya pnya 1 koin NEDERLANDS HINDIE 1945 SERI D/S KLO GA SLH KONDISI TERAWAT
    MINAT HUB.087743555558

    ReplyDelete
  20. Saya punya 1 koin nederlandsch indie th 1945 seri P bagi yg berminat hub:085247533180

    ReplyDelete
  21. mau shareee apa jualan ya????????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Share dan jualan...... kebetulan saya punya banyak! situ berminat?

      Delete
  22. saya juga punya koleksi uang neerlandsch indie dri thun 1896-1945, 1/2 sent, 1 sent dan 2 1/2 sent, jumlah lumayan banyak. klau aa yg berminat boleh juga hubungi saya
    089608039129

    ReplyDelete
  23. saya punya bnyak gan, dri thn 1896-1945, ada yg mau beli tidak ya gan?
    klau ada yg minat hubungi 089608039129

    ReplyDelete
  24. Saya ada nederlandsch:
    _2 1/2 Cent '1899 (1)
    -1 cent ' 1920 (2)
    -1C+ ' 1945 p. (1)
    -1/4 stuiver '1826(1)
    -50 sen dipanegara '1952 (5)
    -25 sen dipanrgara '1952 (4)
    -5 sen bolong '1951
    -50 sen garuda '1957.
    Ada yg minat call: 089635634325
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  25. Gue pnya 1 koin nederlandsch indie 1945 brlubang,1 sen.berminat gak?hubungi gue,supran:085609400380 (banyuasin,sumsel)

    ReplyDelete
  26. Gue punya 1 koin nederlandsch indie th 1945,hub supran:085609400380

    ReplyDelete
  27. Saya punya koin 2 koin 5 cent nedherland indie th 1913 samaa taun 1921 asli saya jg punya yg lainya 10 koin 1 cent thn 1945 ada 7 seri p.p.p.s.d.d.s thn 1920 3 koin ada lagi 2.5 cent thn 1945 mulus dan koin kuno indonesia diponegoro 50 cent thn 1931 1955.1957. Semuanya ada 7 plus 5 cent koin kuno indonesia

    ReplyDelete
  28. Saya punya koin 2 koin 5 cent nedherland indie th 1913 samaa taun 1921 asli saya jg punya yg lainya 10 koin 1 cent thn 1945 ada 7 seri p.p.p.s.d.d.s thn 1920 3 koin ada lagi 2.5 cent thn 1945 mulus dan koin kuno indonesia diponegoro 50 cent thn 1931 1955.1957. Semuanya ada 7 plus 5 cent koin kuno indonesia

    ReplyDelete
  29. Saya punya koin 2 koin 5 cent nedherland indie th 1913 samaa taun 1921 asli saya jg punya yg lainya 10 koin 1 cent thn 1945 ada 7 seri p.p.p.s.d.d.s thn 1920 3 koin ada lagi 2.5 cent thn 1945 mulus dan koin kuno indonesia diponegoro 50 cent thn 1931 1955.1957. Semuanya ada 7 plus 5 cent koin kuno indonesia

    ReplyDelete
  30. Saya punya koin nederlandsch 1945 2,5cent, punya satu.
    Uang 50sen tahun 1959 punya satu uang belambang turki 25 tahun 1423,
    Uang100rupiah thn 1978,

    ReplyDelete
  31. ane punya uang nedrlandsch th 1857 2,5 sen dan 1 sen tahun 1945 yang bolong tengahnya minat hub 085735303521/085294942677

    ReplyDelete
  32. Punya saya koin Nederlandsch indie 1945 dengan seri P

    ReplyDelete
  33. saya punya coin netherlandsch indie 1914 kalo berminat hub 087891246486

    ReplyDelete
  34. sy punya 220 keping 1 cen nedrlandsch indie.minat hubungi 085366477097

    ReplyDelete
  35. Saya Punya 1 Koin Nederlandsch Indie 1945 Seri "P"..
    Minat Hubungi:
    089698239609
    Atau FB:
    Raja Doly HasiBuan-raja_dolihsb@yahoo.co.id

    >>Pontianak<<

    ReplyDelete
  36. sy punya 1C+ tahun 1945...minat hub: 02194402223

    ReplyDelete
  37. boss aku ada 300 keping 1945 dan ada yang gak jelas gambarnya kayak gedung hub. aku di 085851585900 kota batu malang jawa timur

    ReplyDelete
  38. Aq ada koin 2,5 cent 1945 n 1 cent 1945 dan 1939.ada yg minat hub 082147526924 at email arilgenggur01@gmail.com

    ReplyDelete
  39. Aq ada koin 2,5 cen 1945...,1 cen 1945 n 1939...harga neko.hub:082147526924.at arilgenggur01@gmail.com

    ReplyDelete
  40. Aq ada koin 2,5 cent 1945 n 1 cent 1945 dan 1939.ada yg minat hub 082147526924 at email arilgenggur01@gmail.com

    ReplyDelete
  41. Saya akan lepas koin koleksi pribadi sya kalau harga cocok.koin 2 1/2 cent gulden netherland 1945,1858+koin helmina 1939+koin diponegoro 1852+koin 100 tebal tahun 1971,1973,1978+100 kuning kecil1991-1998+500 kuning 1991+50 cent singapore 1995+20 dolar australia elizabeth 1967+koin besar kuning 5 dolar australia elizabeth 11 tahun 2000.semua bersih.ketika saya dapat langsung sya bersihkan sya letak di tempat koleksi saya.sekali lihat agan pasti ingin mengoleksinya.yg ingin nambah koleksi no.sya pribadi 085815553582 imam wahyudi -blitar(kota bungkarno).WA,LINE,WECHAT ada semua...kalau mw maen ke blitar monggo.....

    ReplyDelete
  42. Saya punya banyak tp bingung jualnya murah

    ReplyDelete
  43. gue ada uang 1 c+ tahun 1945 ini, kalo minat hubungi gue di 085347139866
    terimakasih

    ReplyDelete
  44. saya punya satu nederlandsch indie 1945 lebel p
    2.1/2 cent

    ReplyDelete
  45. Saya ada 1 1945 lebel P nak jual..maun coll saya 0192356934 malaysia.kajang selangor.

    ReplyDelete
  46. Saya punya 2 yang 1c+ minat hub 085651319380 area kaltel sampit

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. Saya pny 1c+ thn 1945 s persis di gmbr itu... Saya pny 10 keping...
    Kira2 di jual berapa per kepingnya yah...????

    ReplyDelete
  49. Sy pny koin 1c+ thn 1945 S
    Saya pny 10 keping
    Kira2 1 kepingnya di jual dgn hrg berapa???? Dn 1 keping 1C+ thn 1920/21 berapa harga jualnya????

    ReplyDelete
  50. gua juga ada kira2 60 sanpe 70 keping nih tapi belom ngecek yg s d p nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iseng aja gan,, saya jadi ingat saat saya iseng2 mengamati koin2 itu namun sampai sekarng tidak tahu apa arti dari huruf2 s d p tsb!

      Delete
  51. Saya punya koin british Borneo 1881,,buat kerokan doank

    ReplyDelete
  52. Numpang nanya
    harga koin 1000 tengahnya kelapa berapa ya?

    ReplyDelete
  53. Numpang nanya tlong djwab ya...
    harga 1 keping koin 1000 rupiah gambar kelapa berapa ya???

    ReplyDelete
  54. Numpang nanya tlong djwab ya...
    harga 1 keping koin 1000 rupiah gambar kelapa berapa ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. bimetal kelapa sawit 1000 rupiah maksudnya gan? yg emisi taun brapa gan?

      Delete
  55. Semuanya.. terimakasih telah menyatakan keberadaan koleksinya. Namun, tiada henti saya mengingkatkan kepada pengunjung yg terhormat untuk selalu membaca halaman Disclaimer agar jelas aturan yang saya buat untuk blog ini terkait transaksi yang mungkin saja terjadi diantara penggunjung yang terhormat. Trims!

    ReplyDelete
  56. saya ada mas uang seperti mas cari itu seri p tahun 42 tapi cuman 1 masih bagus kok minat hub saya mas contac 0895622030223 kita nego mas sama2 cocok oke

    ReplyDelete
  57. mas saya ada uang yg seperti mas mau seri p cuman satu sih tapi masih bagus minat hub 0895622030223 kita nego mas

    ReplyDelete
  58. saya ada mas yg tahun 42 seri p minat hub aja no saya
    0895622030223

    ReplyDelete
  59. Saya punya nederlan sch indie 1c taon 1945 seri D
    Sama neder + indie ¼c taon 1937

    ReplyDelete
  60. Saya juga punya seri p.
    Saya juga punya yg tahun 1936,1937,1939 dengan seri lambang caduceus.

    ReplyDelete
  61. saya malah punya seri PT

    ReplyDelete
  62. Saya punya seri D, sama koin malaysia $1 thn 1990 gambar keris bersilang sarung. Sama uang rp.100 gambar rumah adat 1973

    ReplyDelete
  63. saya cari 1 cen gulden coin yg thn 1945 yg dembaga ya dan uang kertas seri wayang kembar kalo ada hubungi saya 081217213993

    ReplyDelete
  64. Saya punya uang kuno ned hind dan Wilhelmina semua jumlah 149 bh,hub 081344008236

    ReplyDelete
  65. Sy miliki uang kuno sebanyak 149 bh ned hind dan Wilhelmina

    ReplyDelete
  66. 1 cent nederlandcsh indie 1945
    Seri D
    Berminat hubungi 0169424254

    ReplyDelete
  67. Yang minat dan serius sy punya 2 Keping Nederlandsch Indie 1945 (1 C+ ) Seri "p" harga terjangkau Hub/Wa.0853-1291-8147

    ReplyDelete
  68. 2 keping 1 jt 'nego' ad yang minat Nederlandsch Indie 1 C+ Huruf "p" Hub/Wa.0853-1291-8147

    ReplyDelete
  69. Saya punya yg tahun 1937 tpi Gk tau bentuk apa

    ReplyDelete
  70. Saya ada 5C NEDERLAND THN 1913 s/d 1921
    Yg minat Hub Whatsapp: 0895-1282-7112

    ReplyDelete
  71. Gue punya 1 C NEDERLANDSCH INDIE 1945 p.
    Kira2 harganya berpa ya gan ?

    ReplyDelete
  72. Semua punya.
    Semua jual.
    Mudah mudahan semua laku.

    ReplyDelete
  73. Saya punya 2 seri p semua,kalo di jual laku berapa ya?

    ReplyDelete
  74. Saya punya satu koin Nederlandsch Indie (Koin Kuno Belanda) 1c 1945 P // yang berminat bisa hubungi alamat Email. resky.durinesia@gmail.com
    Tnk's ..

    ReplyDelete
  75. Ane punya 1 koin nederland 1c th 1937 dan 1 koin nederland 5c th 1921...kondisi masih lumayan bagus...maklum koin kuno hehe...yg minat hub delingjati313@gmail.com

    Sukron yaa salam

    ReplyDelete
  76. Saya puya 4 jenis koin Nederlandsch Indie
    1.yang tengahnya bolong
    2. Koinnya aga besaran cuma gak
    bolong
    3. Ukuran koinnya aga sedang
    4. Dan yang ke 4, koinnya lebih
    kecil dari antara yang 3 itu

    Jika berminat silahkan hubungi saya di whtsaap 082295023382 atou then.zii34@gmail.com

    ReplyDelete
  77. koin 1000 kelapa sawit ada yg mau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bimetal ya? katanya sekarang lagi mahal...

      Delete
  78. Saya ada koin indie tahun 1939, harga 5jt, bisa hub:089684984817, WA:089618181406.
    TERIMAKASIH

    ReplyDelete
  79. Saya ada coin hindia belanda 1C th 1937, nego. Wa 081349599969

    ReplyDelete
  80. Saya ada coin nederlandsch 1945 1 cent . Yg mau beli in wa qu 085298391202. Makasih

    ReplyDelete