Koin 100 Rupiah 1971 gambar rumah gadang memangnya ada?

Sejujurnya koin 100 Rupiah 1971 gambar rumah gadang ini memang mengusik perhatian saya.

Pasalnya saya sendiri masih ragu akan keberadaan uang koin ini. Ada beberapa komentar pada blog ini yang menyatakan minatnya untuk membeli uang koin jenis ini. Bahkan ada juga yang terang-terangan mengaku memiliki koin ini, seolah-olah menyatakan eksistensi koin 100 Rupiah 1971 ini.

Pertanyaannya, apakah benar memang ada uang koin 100 Rupiah 1971 gambar rumah gadang? Seperti yang kita tahu ciri tebal seperti ini hanya milik uang koin 100 rupiah 1973 rumah gadang. Oleh karena itu saya masih belum bisa menjawabnya, sehingga kita hanya bisa menunggu ulasan pakar-pakar koin yang menyatakan eksistensi, sejarah serta kandungan-kandungan lain dalam koin 100 Rupiah 1971 rumah gadang ini.

Sejujurnya saking tidak tahunya, saya pun tidak pernah melihat koin 100 jenis ini. Saya coba browsing di internet, dan menemukan gambar uang ini pada beberapa situs lelang Kintamoney. dan Jakartacity. Gambar-gambar yang saya upload disini juga berasal dari sana. Anehnya, Koleksi Museum Bank Indonesia, untuk Uang Logam, saya pun tidak ditemukan koin uang logam 100 Rupiah tahun 1971 ini!

Sejenak, uang koin ini memang benar-benar ada nyatanya. Namun mengapa keberadaannya sukar ditelusuri dan tidak belum ada pakar yang membahasnya. Uang seperti apakah sebenarnya 100 rupiah 1971 gambar rumah gadang ini? Masih banyak misteri yang meyelimutinya.

Kredit photo:
  • http://www.kintamoney.com/view.aspx?item_id=1413784
  • http://jakartacity.olx.co.id/uang-logam-71-iid-341335417

101 Responses to "Koin 100 Rupiah 1971 gambar rumah gadang memangnya ada?"

  1. Ada mas, dan memang benar ada.. Waktu SD saya gemar banget ngumpulin uang 100 71 ini karena tebal.. Mungkin sekarang juga masih ada di rumah orang tua saya.. Lumayan ada banyak saya kumpulin tuh.. Emang knp ya banyak yang nyari? Prasaan sama aja, cuma tebel aja dibandingkan 100 yang gambar gunung2an wayang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang ada banyak mas???
      Kalo ad hubungi no 085769590888.

      Minat cari ni...

      Delete
    2. Kalo memang ada bisa hubungi 085769590888

      Delete
    3. Mas bisa bantu saya, saya butuh 10 buah kalau ada dan kalau tidak ada kurang dari 10 juga boleh, karena teman saya orang yang ekonomi keluarganya pas pas an mau menikahi kekasih teman SD nya seorang janda yg tetap dengan sabar ditunggu tapi keluarganya perempuan tidak setuju karena teman saya bukan orang kaya, jadi dibuat syarat yang sulit supaya pada akhirnya mereka tidak bisa menikah. Syaratnya : teman saya harus menyediakan uang logam Rp. 100,- keluaran tahun 1973 sebanyak 5 buah karena si wanita anak ke 5 dan lahir tahun 1973, dan juga harus menyediakan uang yang sama yang ada gambar rumah gadang tahun 1971 sebanyak 10 buah karena teman saya (laki - laki) anak ke 10. Uang logam tersebut yang tahun 1973 berhasil saya carikan tapi yang tahun 1971 belum ketemu sama sekali, sekarang teman saya kurus karena bingung memikirkan nasib pernikahannya yang akan gagal menikah kalau tidak ketemu, tolong mas bila berkenan berapa banyak pun mas rela membantu teman saya ini, bila dia harus membeli [un dari mas tolong jangan mahal ya mas dia tidak akan mampu karna kerjanya hanya sebagai BURUH TANI kalau boleh tolong bantuannya dikirimkan ke alamat :
      DANNY HS, JL. JENDERAL SUDIRMAN 144, RT.09/06 KROYA, JAWA TENGAH 53282. Ini no HP saya mas : 0857 4010 7729 - 0821 3681 9884
      sekali lagi mohon sekali bantuannya mas, atas kerelaan hati mas kami ucapkan banyak terimakasih.

      Delete
  2. Eh baru ngeh, taunnya 73 yaa... Bener2 aneh yg 71 yaa.. Hehehe.. Maaf mass

    ReplyDelete
  3. @bisnisgratisdotcom: kayaknya banyak boss, saya juga termasuk yang lagi nyari juga....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ada ni bos,berani mulangin berapa?

      Delete
    2. saya punya koin rp100 tebal sebanyak 320 keping, dr 320 keping terdapat 10 keping yg buatan tahun 1971.. jd memang benar adanya uang rp100 1971 itu memang real ada dlm alam nyataini,, tdk di pungkiri lg.. jika mau melihat penampakanya silahkan email ke saya subad.ramones@gmail.com

      terima kasih

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. Saya ada 155 keping Rp100 tahun 1971,jika berminat sebutkan harga per keping via sms ke 08121 7450 800

      Delete
  4. saya punya th1971 spuluh biji silahkan hub 081933135476

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anonymous ....

      Ah masa sih..... padahal BI gak pernah ngeluarin uang logam kayak gitu loh :)

      Delete
  5. 1. PECAHAN 100 RUPIAH NICKEL (TEBAL)

    Terbuat dari nickel, hanya terdapat satu variasi saja yaitu tahun 1973, harga berkisar dari Rp. 1000 s/d Rp. 10.000 perkeping tergantung kualitasnya. <--- Secara meyakinkan BI Tidak Mengeluarkan Pecahan 100 sebelum tahun 1973, pada tahun 1971 cuma sampe koin Rp. 50, jadi ga ada tu Koin Rp.100 Nickel Tebal (Gambar rumah gadang) yang keluar pada 1971.

    ReplyDelete
  6. uang uka-uka kok dicari

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anonymous ...

      banyak dugaan memang digunakan untuk keperluan uka-uka juga gan....!!

      Delete
  7. gw banyak koin rp 100 thn 1971 yang 1973 jg ada sebanyak 20 keping nich

    ReplyDelete
  8. ya memang benar benar ada mas, saya juga memilikinya dan asli uang logam RI, waktu itu masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah, kalau tidak ada dalam dokumentasi BI ya gak ngerti, padahal uang itu terbitan Bank Indonesia juga kan.

    ReplyDelete
  9. Koin yang taun 71 paling atas (yang 1971nya gede)
    Kalo dipratiin secara seksama, sepertinya itu editan karena samar2 masih keliatan angka 73 dibawah angka 71nya.

    ReplyDelete
  10. Assalamu 'alaikum.
    Pak salam kenal saya Eki, saya
    saya juga punya stok uang koin mau dijual pak :

    Uang koin Rp. 100 tahun 1973 (tebal) ada 6 keping dan Rp.50 thn 1971 ada 6 keping, harga borongan Rp. 100.000

    Uang koin Rp. 100 tahun 1978 (tipis) ada 250 keping, harga borongan Rp. 250.000,-

    Uang koin Rp. 50 tahun 1991 - 1998 , gambar Komodo ada 147 keping, harga borongan Rp. 150.000.-

    uang koin Rp. 50 tahun 1999 - 2002 gambar burung Kepodang , ada 300 keping, harga borongan Rp. 150.000,-

    kalo mau diambil semua uang koinnya saya lepas Rp. 550.000

    saya di purwakarta pak. bisa dihubungi hp 0857.5925.8919

    terima kasih

    ReplyDelete
  11. bang ada neh uang Rp 100 tahun 71

    @33 keping ..

    per keping 500.000 minat bales yaa .!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daerah mana... ??
      kalo dijambi ane ambil semua tu asal asli tahun 71 bukan rekayasa...

      Delete
    2. sy minat beli hub 081283412656 by : supri

      Delete
  12. Tidak ada koin 100 tahun 1971 coba cek ke bi
    Kemungkinan yang beredar itu adalah koin 1973 yang dirubah tahunnya ke 1971
    Coba kalian perhatikan jika search image google dengan kata koin 100 1971
    Perhatikan di banyak gambar koin tersebut ternyata tulisan angkanya berbeda font
    Itu karena banyak orang yang buat koin imitasi tersebut

    ReplyDelete
  13. Berarti anda yang punya blog ini baru lahir, atau baru bisa mengenali uang, sekita tahun 85an .. berhubung uang ini mulai hilang dari peredaran pada masa 85/86

    ReplyDelete
  14. @Mus Liem...

    saya hanya minta bukti bahwa kin tersebut emang pernah eksist gt, masalahnya di BI online saya tidak menemukan uang tersebut. sepertinya BI memang tidak pernah menerbitkan uang itu dan saya sependapat dengan mas @Anomym yang komen diatas anda.... dan meskipun saat itu saya baru lahir, namun uang koin tersebut pasti tercatat dalam sejarah uang yang minimal bisa ditelusuri di BI....

    disamping itu saya ingin anda memberikan informasi dan bukti bahwa koin tersebut memang bukan "koin uka-uka"

    salam kenal & trims atas kunjungannya dan saya tunggu info dan bukti2nya!!!

    ReplyDelete
  15. TIDAK pernah BI mengeluarkan koin logam(NIKEL)Rp 100 tahun 1971, itu smua akal2an para dukun yg mengamini koin tsb sbg koin uka2!! dan itu murni sebuah REKAYASA yg menghancurkan kredibilitas para kolektor koin(numismatika)

    ReplyDelete
  16. @Raya Bintang ....

    saya setuju dengan komentar anda!!! saya sekarang semuanya jelas bahwa koin 100 rupiah 1971 itu memang TIDAK PERNAH ADA!!

    case closed!!

    ReplyDelete
  17. saya termasuk penggemar kolektor koin rupiah... kaget juga mendengar ada yg beli mahal koin 100 thn 71.. saya cek koin saya ada cukup bnyk koin 100 tebal, ternyata semuanya thn 1973... hahahaaa.. ada ada aja.. hampir aja saya kaya.....

    ReplyDelete
  18. Saya org kediri punya k0in 1971 dua keping yg 1 sudah terjual 200rb oleh org sby,
    ciri" ny = k0in 73 tp beda ny agak tipis,
    sy jg g tahu asli tdk nya tp yg pasti sy msh pegang 1
    kmaren ad yg nawar 25-100jt tp q g tau siapa yg nawar stlah tahu barang ny lgsung kbur g brani nawar, smpe saat ini pun sy blm tahu pasti siapa yg memburu k0in tsbt

    ReplyDelete
  19. tapi saya ada 1 buat kerookan dirumah :D

    ReplyDelete
  20. Nama sya : habib
    Hp : 08522 1960000
    Sya pernah ketipu juga, nyari malem malem tu koin 1971,, soalnya sya emang punya stock banyak koin 100 tebal,, ternyata dri 149 koin 100 tebal tdk ada 1 koin pun yg 1971 semuanya tahun 1973,, wkwkwkwkkwk

    ReplyDelete
  21. saya punya uang receh 100 rupiah tahun 1971 klou berminat saya jual 300 ribu perkeping tp klou beli semua ya saya jual 2.5 jt, klou tertarik bisa hubungi no ini 085640118240

    ReplyDelete
  22. saya jual uang koin emas negara inggris tahun 1861 tampak depan Ratu Victoria Dei Gratia tampak belakang Regina FID DEF BRITANNIARUM ada 2 keping saya jual semuanya 200 jt nego dikit. Hub. HEru 0823 3603 3298

    ReplyDelete
  23. Sy juga punya koin Rp 100 1971,brminat hub. 08159888595

    ReplyDelete
  24. Saya ada coin Rp100 tebal,tp tahun 1973,ada 10 coin bila ada yang berminat silahkan hub:08562867676..

    ReplyDelete
  25. Untuk diketahui oleh teman2 semua uang logam emisi th 1971 itu hanya 3 pecahan terdiri dari :
    PECAHAN JENIS LOGAM EMISI / SERI JUMLAH CETAK
    1.Rp 10,- Cupro Nicel(CuNi) 1971 /Padi Kapas 120 jt keping
    2.Rp 25,- Cupro Nicel(CuNi) 1971 /Burung 60 jt keping
    3.Rp 50,- Cupro Nikel(CuNi) 1971 /Burung 52.500.000 keping
    Info dari buku :PERCETAKAN UANG RI DARI MASA KE MASA
    CUKILAN FAKTA & PERISTIWA PERIODE 1958-1971
    Demikian mohon diketahui agar tidak menjadi bahan polemik bagi
    teman2 semua....

    ReplyDelete
  26. saya dari tahun1990 udah ngumpulin koin 100 tahun 1973 ini tapi gak ada yang tahun 1971 saya lahir 1967 dan dari sd saya taunya ya memang tahun 1973 yang tercantum di koin itu...

    ReplyDelete
  27. Iya, klo yg nawarin koin jenis itu asli or palsu sih? Jgn selalu nipu or mainin org donk,,,,please....jd bingung nie. Takutnya begitu sdh kita transfer duit, eh ternyata palsu lg...kan gk baik seperti itu....thks

    ReplyDelete
  28. saya punya uang koin 100 rumah gadang tebal tahun 1973 sebanyak ratusan koin mungkin 500san jumlahnya. ada yang serius mencari dgn harga cocok saya lepas. Jika berminat hubungi saya di 082144476303. terima kasih bagi yang sudah membaca pesan ini.

    ReplyDelete
  29. saya punya uang koin 100 tebal BI gambar rumah gadang tahun 1973 sekitar 500 keping, berminat hub saya 082144476303 tks

    ReplyDelete
  30. aku punya uang koin 100 tebal tahun 1973 gambar rumah gadang sekitar 500san keping, berminat hubungi saya 082144476303, tks

    ReplyDelete
  31. Sata juga punya koleksi koin 100 rupiah, tapi tahun 1973 semua, kl ada yg minat beli silakan hubungi saya di 085366866068

    ReplyDelete
  32. Untuk agan-agan semua kunjungi web berikut ini disini adalah terbitan koin yg pernah ada beredar di negara kita, untuk koin 1971 pecahan Rp. 100,- ternyata tdk ada kayaknya semua rekayasa nah kunjungi aja Web berikut ini :
    http://www.bi.go.id/web/id/Tentang+BI/Museum/Koleksi/Uang/Uang+Logam/default.htm?category=2&type=0&Page=1

    ReplyDelete
  33. setelah saya amat-amati, emang bener setiap saya liat gambar uang koin 71, font angka 1 ( awal ) dan 1 (akhir) kok berbeda!!

    ReplyDelete
  34. apakh itu semua benar .. qv punya koin 100 perak thun 71 ..

    tapi q mau cari lgii .. mbok ada yg punya ksh tau y

    ReplyDelete
  35. hahahaha...udah bnyk yg punya masih di ingkari keberadaan nya..oalah,,gk mungkin segtu bnyk sepakat buat bohong

    ReplyDelete
  36. 1973 vs 1971 Tetangga dari kabar burung baru jual koin 1971 Rp100 ini jelas mengusik ketenangan sy,sebab sy punya koin 1973 Rp100 sebanyak 230 keping terawat dgn baik,dan ketika sy mengetik ini sy baru sj buka di internet telusur is koin 1971 tapi tdk ada,emisi hanya ada pada tahun 1973 tebal dan 1978 tipis,jika anda benar22xmerasa benar memiliki koin1971 sy ucapkan selamat anda Beruntung!!tapi kami yg memiliki 1973 merasa berhasil menjadi warga yg baik krn ap yg dikeluarkan BI itu yg kami jadikan pedoman.085373839363 jika anda menganggap sy sdh meremehkan anda sebagai kolektor 1971.

    ReplyDelete
  37. Nama sya : habib
    Hp : 08522 1960000
    Tinggal : Bandung

    Sampai saat ini setelah sya cri info ke mana".. Alhasil koin thn 1971 pecahan Rp.100, Ϟƍƍαќ dpt juga. Kalau thn 1973 pecahan Rp.100 sya tetep msh punya stock 149 koin + koin Nederland pecahan 2,5 Cent thn 1920 sebanyak 1 koin. Selamat aja bagi ♉ά̲ήƍ punya koin pecahan Rp.100 thn 1971

    ReplyDelete
    Replies
    1. PM ke email saya pak.. kalau anda mau melihat penampakan dr koin rp100 emisi tahun pembuatan 1971.. saya akan foto kan buat bapak,, subad.ramones@gmail.com

      terima kasih..

      Delete
  38. Udah jangan ngaku punya koin 71,tu bohong besar..

    ReplyDelete
  39. Memang setahu saya koin pecahan Rp. 100 (seratus rupiah) dengan ciri-ciri yang disebutkan diatas hanya milik Rp. 100 tahun 1973 Rumah Gadang yang tebal, sedangkan yang seri 1978 Rp. 100 wayang tipis. Kalau Rp. 100 tahun 1971 sekarang-sekarang ini saya belum pernah melihatnya bro ...

    ReplyDelete
  40. Jangan berdebat lagi, kenyataannya Saya ada 2 keping Rp 100 tahun 1971, sudah saya simpan bertahun tahun dan tidak pernah saya perhatikan tahunnya, setelah rame dibicarakan ternyata punya saya mmg tahun 1971, berminat hubgi saya 08524-777-4567, kontak saya - ketemu baru transaksi

    ReplyDelete
  41. Percuma berdebat, buktinya sy ada dapat 2 keping Rp 100 yang tahun 1971 dari ratusan koin yg sy punya, saat keberadaan koin ini sering diperdebatkan iseng2 saya cari ternyata memang ada, yg berminat hubungi saya 085247774567 tinggal di kalimantan barat, kontak saya - ketemu baru transaksi jadi gak perlu takut ditipu.

    ReplyDelete
  42. Permisi agan2..Kalo berdebat dak ada habisnya, yg jelas sy punya 2 keping Rp 100 tahun 1971 gambar Rumah Gadang tepinya bergerigi halus, masih mulus kilat karna sering sy gosok pake minyak, yg gak percaya aku kirimkan fotonya

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. Daripada berdebat gak ada habisnya..nih ane kasih tau kalo ane punya 2 keping Rp 100 tahun 1971 dan berarti itu uang ada dan nyata..

    ReplyDelete
  46. Ah qx pda nyibukin tahun 71 si, itu bhong belaka.. Mau d kutuk x orang yg bkin hboh2.. Uang yg d cari palsu smua kya yg 50rbu plimer, trnyata buatan phak swasta, pkai uang 50rb tahun 99 d tambah plimer sndri.. Memang mau d kutuk tdi kodok lh yg ngaku2 ada ni.. Lw aku jujur ada uang logam gambar ratu vixtoria tahun 1845 nominalnya 1 sen.

    ReplyDelete
  47. Yg gak percaya karna gak pernah liat..kalo ane sih percaya 100% kalo Rp 100 th 1971 itu memang ada

    ReplyDelete
  48. Realistis dong..Rp 100 th 1971 ada kog

    ReplyDelete
  49. Buat saudara2 uang koin tebal gambar rumah gadang dikeluarkan bank indonesia tahun 1973. Jadi kalo ada tahun 1971 itu ya mgkin rekayasa. Trims

    ReplyDelete
  50. Kalo BI ada keluarkan sih gak perlu lagi dibahas bro..ini jadi perdebatan masalahnya mmg BI gak pernah keluarin tapi uangnya ada dan beredar dimasyarakat. Masalahnya ane ud bandingkan koin Rp 100 thn 1971 yg ane dapat diKalbar dengan Koin milik kolektor yg di Jawa dan teman ane yg di Kalteng kog semuanya sama dgn bentuk dan ukuran yg sama persis gak ada beda dikitpun...apa direkayasa oleh orang yg sama atau dgn tehnik yg sama? kenapa bisa beredar diberbagai daerah? Kalo direkayasa manual gak mungkinlah sama semua kecuali dicetak ama mesin yang sama baru diedarkan keseluruh pelosok daerah..so..buat apa orang rekayasa duit 100 perak trus diedarkan ke berbagai pelosok daerah? Toh kalo dibeli kolektor dgn harga mahalpun bukan yg merekayasa yg mendapatkan hasil..kira2 itu pendapat ane.

    ReplyDelete
  51. dr pd ribut2,, siapa saja yg ingin melihat penampakan uang logam rp100 emisi tahun 1971 bisa PM ke email saya subad.ramones@gmail.com .terima kasih.

    ReplyDelete
  52. sudah jgn diributkan.
    uang itu tidak ada sama sekali.
    saya mengetehaui tempat dimana uang itu disepuh/dirubah ulang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon sharing informasinya ya, mas Anonym :)

      Delete
  53. ono porak tow sakjane..

    ReplyDelete
  54. Rupiah baru dicetak sebagai usaha untuk mengurangi inflasi tahun 1965. Pada tahun 1971, ekonomi dan inflasi dibawah Orde Baru Soeharto menjadi stabil, dan koin kembali beredar dengan nilai 1, 5, 10, 25 dan 50 rupiah, dengan 100 rupiah ditambah dua tahun kemudian. Karena inflasi, nilai koin Rupiah yang ada kini adalah 25, 50, 100, 200, 500 dan 1000 rupiah.

    ReplyDelete
  55. uang Rp.100,- tahun 1973 banyak ne,,
    Ada 1130 keping,,
    harga cocok kita lepas,,

    kalau tahun 1971 coba cari dikuburan sebab cuma hantu aja yang punya uang tersebut xixixixi

    ReplyDelete
  56. koin 100 rupiah tahun 1971 ada dikuburan,, yang punya hantu hahaha

    ReplyDelete
  57. ada tak koin 100 tahun 1971 nya

    ReplyDelete
  58. Kalo gak punya jangan iri dong ama yg punya..kalo penasaran pengen liat minta emailnya , sy kirimin fotonya dari berbagai posisi biar gak jd hantu penasaran..

    ReplyDelete
  59. barang siapa yang memerlukan uang koin logam pecahan Rp 100,- tahun 1971 gambar rumah gadang , kami ada 20 biji uang logam dan bisa menghubungi hp. 085231108698

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya udah kirim email ke bapak, tinggal nunggu balesanya pak.

      Delete
  60. yakin itu teh bukan hasil rekayasa atau editan?

    ReplyDelete
  61. Dari 1.685 keping 100 tebal yg aku punya semuanya th 1973 tuh.
    100 tipis th 1978 di aku ada 5.131 keping, yg 100 kuning ada 4.596 keping,500 gambar melati ada 409 keping. Yg berminat serius hub hp 0853 2747 8888. Borongan juga boleh kok.

    ReplyDelete
  62. Dari 1.685 keping 100 tebal yg ku punya gak ada tuh yg th 1971 semuanya th 1973. 100 tipisnya ada 5.131 keping,100 kuning 4.596 keping dan 500 gambar melati 409 keping. Yg berminat hub 085327478888. Thanks mas bro..........

    ReplyDelete
  63. Wkwwk..kocak isi komentarnya.

    ReplyDelete
  64. Saya memiliki uang coin Rp 100,- thn 1971 sebanyak 21 keping bila ada yg minat beli bs kontak sy dgn no Hp 081283412656 by : Supri

    ReplyDelete
    Replies
    1. ente dapat dari mana gan? coba telusuri asal muasaknya dan kalau gak keberatan kiraya kami minta tolong untuk dibagikan info yang agan punya. thanks!

      Delete
  65. sy punya coin 71 sebanyak 21 keping peminat hub 081283412656 by : Supri

    ReplyDelete
  66. modus!!! inget ikan lohan, bunga belombang cinta, dll, itu akal2an aja mo tau trik pemalsuannya buka email saya....

    ReplyDelete
  67. Sesuai katalog yg dikeluarkan BI uang 100 logam tebal tahun 73 sedangkan yang tipis tahun 78, dan tidak pernah ada yang tahun 71

    ReplyDelete
  68. antonius tono, bengkayang, kalbarFriday, July 11, 2014 10:52:00 AM

    setahu gua uang 100 tebal yang gambar nya rumah gadang itu thn 1973 mas cuma dalam mimpi saja bisa berubah thn 1973 jadi thn 1971, atau but pabrik cetak uang tsb sendiri saja mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kontroversi gan.... jika ditanya maka saya termasuk orang yg tidak percaya akan "keberadaan" uang logam tersebut kendati seperti yang ada baca pada komen2 diatas bahwa ada juga yang mengaku bahwa koin yang dimaksud benar2 "ada"

      Delete
  69. uang koin tebal itu mmg ada dan pernah berlaku... tp bukan 1971, yg tebal 73 dan yg tipis 78... mungkin yg baru lahir 90an gak kenal uang logam ini... tp coba tanya ke ortu yg lahir tahun 60an pasti kenal... saya punya banyak sekali krn mmg mengkoleksinya.... dulu sekiat akhir 80an dan awal 90an, uang ini mulai hilang, jadi saya mengkoleksinya hingga > 1000 keping.... dulu saya juga punya uang logam (kalo gak salah) 2.5 rupiah bolong dan beberapa koin lain dari tahun 50an tp sayang hilang wkt pindahan rumah tahun 80an...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam minggu kemarin ada seorang temen datang kerumah saya, yang menanyakan dan bermaksud hendak membeli koin tebal 1971... sedikit saya coba menjelaskan bhw Pemerintah RI hanya pernah menerbitkan koin tebal 1973 (yang ini saya punya cukup banyak) dan koin tipis 1978 (yang ini lebih banyak dari yg 73), namun pemerintah RI tidak pernah menerbitkan koin tebal 1971... setidaknya itu informasi yang saya dapatkan dari BI.

      Delete
  70. saya mau jual uang logam 100 rupiah tahun 1971, ada 5 buah, minat hubungi 081904068157, 087736496166
    no bacot, no tipu,

    ReplyDelete
  71. sebenarnya uang koin 1oo tahun 1971 ini termasuk uang mistis yg biasanya digunakan untuk memaharkan sesuatu. keberadaannya memamng ada cuma kalangan tertentu saja yg punya. saya punya 1 tapi tidak saya jual. Kalau yg pernah megang uang ini pasti tau beda yg asli dengan yg palsu. Berhubung banyak pemalsuan saya tidak akan menyebutkan ciri2 yg asli. Intinya kalau beli lhat di tahun kalau ada bekas2 gesek2 jangan dibeli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh begitu ya? infokan sedikit bang, lantas koin ini siapa yang bikin? mahluk alam gaib seperti jin/hantu? karna abang nyebut "sebenarnya uang koin 1oo tahun 1971 ini termasuk uang mistis yg biasanya digunakan untuk memaharkan sesuatu." gitu bang.....

      Delete