Thomas de la Rue

Siapa Thomas de la Rue?

Thomas de la Rue, atau perusahaan de la Rue (Thomas de la Rue & Company Limited), pernah memiliki “hubungan sejarah” dengan Indonesia ini terkait masalah keuangan, atau lebih tepatnya untuk percetakan uang.

Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa uang kertas kuno Indonesia yang bertuliskan Thomas de la Rue & Company Limited. Ini membuktikan bahwa pada masa lalu, pemerintah Indonesia pernah memakai jasa perusahaan Thomas de la Rue.

Sekilas tentang riwayat Thomas de la Rue

Thomas de la Rue adalah seorang printer dari Guernsey – seseorang yang awalnya senderhana - mendirikan sebuah perusahaan percetakan De La Rue plc, sebuah perusahaan percetakan commercial security printer and papermaker terbesar di dunia. Thomas de la Rue lahir pada 24 Maret 1793 dan tutup usia pada 7 Juni 1866.

Semasa hidupnya Thomas de la Rue pernah berbisnis dengan seseorang bernama Tom Greenslade dan meluncurkan surat kabar bernama Le Publiciste. Namun, tidak lama kemudian Thomas de la Rue meluncurkan publikasi sendiri, Le Miroir politique.

De la Rue tercatat juga pernah berbisnis dengan Samuel Cornish dan William Rock, bisnis yang mereka jalankan diantaranya adalah Cardmakers, Enamellers dll.

De La Rue menjual high-security paper dan teknologi pencetakan untuk lebih dari 150 mata uang nasional Negara-negara di dunia.

Beberapa uang kertas kuno Indonesia yang dicetak dengan memakai jasa Thomas de la Rue & Company Limited, bisa kita pada uang kertas kuno Indonesia, beberapa diantaranya:
  • pada uang kertas nominal Rp. 10,- (sepuluh rupiah) keluaran 1 Djanuari 1959; 
  • pada uang kertas kuno Indonesia dengan nominal Rp. 5,- (lima rupiah) yang juga dikeluarkan 1 Djanuari 1959; 
  • pada uang kertas kuno indonesia nominal Rp. 25,- (dua puluh lima rupiah) dikeluarkan 1 Djanuari 1959;
  • dll.

0 Response to "Thomas de la Rue"

Post a Comment