Uang Kertas Malaysia 1 Ringgit (MYR 1)

Dua lembar Uang Kertas 1 Ringgit Malaysia ini merupakan pemberian bapak Kost ketika saya masih ngekost dirumahnya, sekitar tahun 2008 silam. Pada uang kertas ini tidak tertera tahun emisi, hanya nominal semata yaitu RM 1. Jadi saya sukar mennetukan uang kertas ini emisi tahun berapa! Namun melihat penjelasan BNM, uang kertas 1 Ringgit terbaru, memiliki beberapa fitur kemamanan yang disebar pada bagian depan dan belakang uang kertas ini. tercatat ada 15 titik keamanan pada bagian depan dan 6 titik keamanan pada bagian sebaliknya dari uang kertas 1 Ringgit Malaysia tersebut.


Ada perbedaan yang cukup mencolok dari dua lembar uang kertas Malaysia 1 Ringgit tersebut, dimana yang selembarnya berwarna terang, sedangkan yang satunya lagi berwarna pucat. Kedua lembar uang kertas Malaysia ini didominasi oleh warna biru. Perhatikan gambar gunung - dan keseluruhan uang kertas 1 Ringgit ini - pada uang tersebut, berwarna terang dan pada uang dibawahnya, gunung tersebut berwarna pucat.

Keunikan lain dari uang kertas 1 Ringgit tersebut adalah (mungkin memang karena desain kertas cetaknya) jika pembaca terhormat memiliki dua lembar uang kertas ini, coba jajarkan, maka baik desain gambar bunga baik dijajar depan dan belakang yang semula terpotong, namun begitu dijajarkan akan membetuk sekuntum bunga yang mekar (lihat image dan perhatikan desain bunga yang menyatu akibat dua lembar yang dijajarkan sehingga membentuk sekuntum bunga).


Perkara yang selembar lagi berwarna pucat, saya masih belum tahu. Namun saya beranikan diri untuk menduga, kemungkinan antara uang kertas yang satu dengan yang lainnya dicetak lebih dulu atau sebaliknya pada kertas dengan warna biru yang sama, desain sama, namun lebih pucat pudar dibandingkan dengan yang berwarna biru terang.

Info: http://www.bnm.gov.my/index.php?ch=229&pg=734&ac=33

1 Response to "Uang Kertas Malaysia 1 Ringgit (MYR 1)"